Kampanye Keselamatan Kelistrikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat Melalui Safety, Green dan Smart Electricity

Posted by ListrikID on

Artikel mengenai kampanye keselamatan kelistrikan yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Jawa Barat, yang dimuat pada harian kompas hari ini sangat menarik. Beberapa data diungkap pada artikel ini:

Sebanyak 70 persen kebakaran di kota-kota di Indonesia disebabkan oleh listrik.

Data Dinas Pemadam Kebakaran di salah satu kota besar di Indonesia, pada 2016 terjadi 1.047 kebakaran. Dari jumlah itu, 754 di antaranya disebabkan karena listrik.

“Tahun 2017 terjadi 1.185 kejadian, sebanyak 851 disebabkan karena listrik,” ujar Collin May, Director East & Southeast Asia International Copper Association (ICA) di Institut Teknologi Bandung ( ITB), Jalan Ganesha, Selasa (30/4/2019).

Kampanye Keselamatan Kelistrikan Pemprov Jawa Barat
Kampanye Keselamatan Kelistrikan Pemprov Jawa Barat

Penyebab kebakaran, sambung Collin, antara lain disebabkan perawatan tidak sesuai standar, terdapat bagian listrik yang terbuka, dan isolasi kabel yang buruk.

Kemudian, overload pada sistem instalasi listrik, kerusakan pada sistem instalasi listrik, penggunaan peralatan instalasi listrik yang standar, serta kondisi listrik yang buruk.

Kondisi tersebut, sambung Collin, tidak hanya terjadi di Indonesia. Itu memperlihatkan pengguna tidak peduli dengan kabel listrik di rumahnya.

“Orang-orang mengira bahwa kabel listrik di rumah mereka sudah aman dan sistem pelistrikannya sudah diatur dan dicek,” tuturnya.

Data – data yang diungkap di atas sebenarnya sudah merupakan rahasia umum. Orang tentunya akan langsung bisa menebak penyebab kebakaran adalah korsleting listrik, yang kemungkinan besar diakibatkan oleh penggunaan / beban listrik berlebih, spesifikasi alat – alat kelistrikan yang tidak sesuai, dst.
Namun kembali, hal yang sudah menjadi “rahasia umum” ini, seperti disepelekan dan mengakibatkan terulangnya terus insiden kebakaran, yang mengakibatkan kerugian materiil maupun immateriil yang tidak sedikit, yang harusnya bisa dicegah.

Kami sangat mengapresiasi kampanye keselamatan kelistrikan oleh pemprov Jawa Barat, semoga dengan diadakannya kampanye ini makin membuka wawasan masyarakat umum tentang pentingnya pengetahuan mengenai penggunaan listrik, baik itu untuk rumah, kantor, gudang, pabrik, dst.

Karena kami percaya bahwa predikat kota yang maju hanya dapat diraih apabila warga / masyarakatnya juga memiliki wawasan yang maju dan kami percaya Jawa Barat sungguh dapat menjadi percontohan kota modern yang sesungguhnya.


15 − eleven =