Alat Penghemat Listrik?

Posted by ListrikID on

Apakah saya dapat melakukan penghematan listrik?
Pertanyaan ini adalah salah satu dari yang paling sering ditanyakan mengenai layanan monitoring Listrik Cerdas; baik melalui email, pesan Whatsapp, telepon, dsb.

Apakah dengan menggunakan layanan dari Listrik Cerdas, tagihan listrik saya akan berkurang (drastis) ?
Kalau ya, apakah nanti saya akan menerima “kit” yang dipasang di rumah dan bulan berikutnya akan langsung mengurangi tagihan listrik?

Jawaban singkat dari pertanyaan di atas adalah:
Ya, dengan menggunakan layanan dari Listrik Cerdas, pengguna dapat melakukan penghematan listrik namun penghematan yang didapatkan bukan dari “kit ajaib”.

Lantas darimana penghematan bisa diperoleh?

Yang banyak ditemui di mall, toko online, dsb adalah “kit ajaib” yang diklaim dapat menurunkan tagihan listrik dengan cara menurunkan daya reaktif / VAr (lebih detail, pembaca artikel dapat men-google sendiri cara kerja dari alat tersebut).

Sedangkan layanan Listrik Cerdas sangat berbeda cara kerjanya.

Layanan Listrik Cerdas memberikan kontrol penuh terhadap penggunaan listrik. Penggunaan listrik akan dimonitor secara real-time (daya, arus/beban, tegangan, energi, dll) dan data – data kelistrikan ini dapat diakses dengan mudah dan di mana saja oleh pengguna, baik melalui komputer atau melalui smartphone (Android dan iOS).

Dashboard Monitor Tegangan Listrik Cerdas
Dashboard Monitor Daya Listrik Cerdas

Dengan dimudahkannya pengguna untuk mengakses data – data kelistrikan, maka pengguna dapat melakukan penyesuaian terhadap penggunaan listrik itu sendiri.

Contoh kasus:
Ada pengguna yang sebelumnya mengeluh tagihan listrik yang cukup tinggi, padahal perangkat listrik di rumah tidak terlalu banyak. Setelah dimonitor dan dianalisa, didapatkan data bahwa dispenser yang digunakan, meng-konsumsi listrik yang cukup signifikan (> 300 watt), secara terus – menerus. Heater yang terdapat pada dispenser akan secara otomatis aktif dan kembali non-aktif saat temperatur/suhu air telah mencapai titik tertentu. On Off – On Off secara terus menerus sepanjang hari sangat memboroskan!

Setelah dilakukan penyesuaian, tagihan listrik mulai turun.
Pengguna terus melakukan monitoring, analisa dan penyesuaian hingga didapatlah penghematan yang di-inginkan.

Penghematan Tagihan Listrik

Kata kunci untuk mencapai penghematan listrik adalah MAP atau:

Monitor
Analisa (dan lakukan)
Penyesuaian

Kembali pada pertanyaan di awal, apakah tagihan listrik saya dapat dihemat dengan menggunakan layanan Listrik Cerdas?
Jawabannya adalah ya!

Terapkan MAP di atas dengan menggunakan layanan dari Listrik Cerdas secara konsisten dan penghematan tagihan listrik akan mengikuti di akhir bulan.


1 × 1 =