Kejadian Meledaknya Tagihan Listrik Dan Solusinya

Posted by ListrikID on
Kejadian Meledaknya Tagihan Listrik Dan Solusinya

Seorang selebriti tanah air bernama Fenita Arie, curhat perihal melonjaknya tagihan listriknya, yang semula “hanya” di kisaran Rp. 3.000.000,- / bulan menjadi Rp. 18.000.000,- / bulan atau secara persentase, melonjak 500%.
Dikatakan pada artikel yang dipublikasikan oleh detik.com, bahwa Ibu Fenita Arie baru saja mendapatkan penggantian mesin digital (kWh meter) yang baru dan dicurigai bahwa penggantian kWh meter ini yang menjadi penyebab utama tagihan bisa melonjak sedemikian rupa.

“Saya bingung deh pengen tanya langsung ke @pln_id khususnya area Lenteng Agung, di rumah saya baru satu bulan ini ada pergantian mesin baru digital tapi sekarang pas ada tagihan shock banget karena lihat tagihan sebesar Rp 18 juta…di mana itu berkali-kali lipat banget lho dari biasanya….mohon klarifikasinya,” tulis Fenita Arie.

Terkait laporan pelanggan seperti Ibu Fenita Arie (pada tanggal 5 Juni 2018), dilaporkan oleh PLN sudah dilakukan pengecheckan pada tanggal 7 Juni 2018. Dan masih akan ditindaklanjuti secara lebih mendalam.

Tentu kejadian melonjaknya tagihan listrik seperti ini bukan yang pertama kali terjadi dan sudah pasti mengagetkan sekaligus membuat repot pelanggan. Kalau pelanggan menunggu investigasi mendetail yang dilakukan PLN dan tidak melakukan pembayaran atau lewat masa tengat, maka pelanggan berpotensi untuk diputus aliran listrik.
Tentunya ini sangat dilematis, di satu sisi pelanggan ingin kepastian terlebih dahulu mengenai jumlah riil penggunaan listrik (yang ujungnya adalah tagihan listrik itu sendiri), tetapi kalau melewati masa tengat dan diputus aliran listrik, maka akan sangat merepotkan sekali (terlebih bila pelanggan PLN memiliki anak kecil / bayi).

Lantas bagaimana kita bisa menghindari peristiwa seperti ini?
Mungkin jawabannya hanya ada 1, yaitu kontrol penuh terhadap penggunaan listrik rumah / kantor / gudang.
Pelanggan harus memonitor secara real-time penggunaan listrik dan apabila terdeteksi penggunaan yang tidak wajar, segera lakukan tindakan yang diperlukan; bahkan akan sangat baik apabila langsung memanggil tim YanTek / teknis dari PLN, yang siap siaga 24jam untuk membantu pelanggan.

 

 

Sumber foto:
Instagram Bayu Aji Gunawan
ekonomi.metrotvnews.com


four × 2 =