Sudahkan Anda Tutup Pintu Lemari Pendingin Anda Hari Ini?

Posted by ListrikID on
Sudahkan Anda Tutup Pintu Lemari Pendingin Anda Hari Ini?

Tanpa kita sadari, kita banyak melakukan hal – hal kecil yang kurang baik. Hal – hal yang membuat boros biaya kelistrikan.
Saya ambil contoh gerai yang menjual jus segar (yang sangat saya suka), seperti pada foto berikut:

Hal sepele seperti lupa menutup pintu lemari pendingin, dapat berakibat tidak baik pada beberapa hal sebagai berikut:

  1. Kesegaran jus
  2. Konsumsi listrik

Saya akan coba bahas pada sisi konsumsi listrik.

Menurut Majalah Home Energy, pintu lemari es yang terbuka atau tidak tertutup dengan sempurna dapat memberi beban tambahan pada konsumsi listrik hingga 7%.

Mengapa bisa demikian?
Pada saat pintu lemari pendingin tidak tertutup dengan sempurna, maka suhu / temperatur yang harus dipertahankan akan meningkat (bercampur dengan suhu / temperatur ruangan) dan pada saat sensor suhu mendeteksi adanya peningkatan suhu maka kompresor akan diperintahkan untuk bekerja lebih keras untuk menurunkan kembali suhu.
Disinilah titik masalahnya, semakin keras kerja kompresor, konsumsi listrik akan semakin meningkat.
Konsumsi listrik meningkat maka otomatis biaya tagihan bulanan listrik akan membengkak.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Institute of Food and Agricultural Sciences di Universitas Florida, mengungkapkan fakta yang cukup menarik. Dikatakan dengan melakukan hal yang kurang baik seperti lupa menutup pintu lemari pendingin, berakibat pada konsumsi listrik tambahan sebesar 50 sampai 120 kWh / tahun.
Apabila tiap kWh dikenakan biaya sebesar Rp. 1.467,- (tarif dasar listrik 1.300 VA per awal tahun 2017), maka akan ada biaya tambahan sebesar Rp. 73.350,- hingga Rp. 176.040,-

Biaya tambahan ini dapat kita hilangkan hanya dengan memperhatikan hal kecil seperti menutup pintu lemari pendingin. Sederhana dan mudah untuk dilakukan 🙂


1 × 4 =